Tips membeli Aset Riba

by
Irham Fachreza Anas
member of Sharia Business Intelligence 

Sohib : 
Gw mau lepas aset Riba nih, Rumah 400 juta. Loe mau beli ga Med? bantuin gw hijrah lah.

Solmed : 
Aset Riba ??? Riba kan haram. Masa loe jual barang haram ke gw???

Sohib : 
Loe gmn sih kayak ga pernah ngaji riba aja. Ini gw ambil pinjaman rumah subsidi, Dp 0%, nilai pinjamannya 250 juta. Bunganya kena 12% per tahun. Brother,,, Yang namanya riba itu bunga 12% nya. Nah klo 250jt nya ngga riba. Itu utang yang wajib gw bayar.

Solmed : 
Ooo gitu. Gw pas ngaji kebanyakan ngelamun si eneng ampe gagal fokus. I'm Sorry Brother. Sekarang sisa utang pokok loe berapa?

Sohib : 200 juta.

Solmed : 
Gile juga loe Sob, kebangetan ama temen. Sisa utang loe 200 juta, loe jual ke gw nih rumah 400  jt. Kalah rentenir ama loe Sob. Gini aja, loe kan Fren Keras gw nih, nah yang halal kan 250 jt, yang riba kan bunga nya. Gw bersedia beli rumah loe diharga awal pinjaman lo (250 juta).

Sohib : 
Wah tega lo. ini rumah kan strategis. 

Solmed : 
loe gmn sih Sob? katanya mau hijrah. masih aja perhitungan. klo gw bayar 400 juta, kan sama aja gw bantuin lo NgeRiba 150 juta. Iya kan ?????

Sohib : (dalam hati) 
"Susah ngomong sama orang PA. Pengen gw beri sekalian nih congornya. Untung fren gw." Bro ngopi di warung si eneng yuk!!

Solmed : Hayuuk.

Comments