Pokoknya Bayar Pokoknya Saja


by
Irham Fachreza Anas
member of Sharia Business Intelligence 

Sohib : Bro gue mau membatalkan akad KPR Bank Konven. Karena Bank ga mau trima permintaan gue buat bayar pokok hutang aja. Ini bertentangan dengan aturan Causa yang halal kata Pengacara Anu. Kpr konven kan riba, riba kan ga halal.

Solmed : emang loe lagi kesulitan ekonomi ?

Sohib : Ga. Alhamdulillah makin lancar rejeki.

Solmed : Take over ke Bank Syariah aja sob

Sohib : Kata Ustadz Anu Sama aja. Riba berselimut syariah.

Solmed : Ya udah segera angkat kaki dari rumah yang loe beli,  suruh Bank Jual cepat. Loe ngontrak aja daripada punya rumah berselimut riba.

Sohib : Enak aja, gue kan mau bayar pokok hutang aja, kan Bank ga rugi, wong gue minta bayar pokok bukan ga mau bayar sama sekali. Gue bukan maling keles...

Solmed : Haduh sob..... loe itu lagi berlindung dibalik dalil Riba. Lagian Causa yang halal itu kan yang tidak bertentangan dengan UU. Nah loe dulu teken akad kpr pakai "payung" UU Perbankan bukan UU Perbankan Syariah sob. Loe dulu teken akad KPR sambil senyum kegirangan karena dana Bank Cair.

Klo loe mulai sesuatu dengan baik, yaa loe harus selesaikan dengan baik-baik lah. Ngemplang bayar kelebihan yang ditetapkan Bank itu ga baik sob. Loe nego ajalah sama Bank buat ngurangin biaya bunganya.

Jangan maunya menang sendiri sob, pake ancaman pembatalan akad segala. Bikin malu sob, loe harus tau dalil yang loe punya lemah betul...ketara niat ngemplangnya malah daripada dakwahnya....

--Sekian--

Comments