Mau Tahu Dalil ? Temui Ulama

by
Irham Fachreza Anas

Ada hikmah yang dapat dipelajari dari fenomena "Ustadz Sunnah" di Nusantara. Salah satunya, Para Ulama Nusantara sudah mulai menjelaskan secara detail dan lebih ilmiah berkaitan penjelasan dalil atas hal-hal yang sudah menjadi tradisi di masyarakat. 

Upaya untuk menghadirkan dalil atas persoalan masaail fiqhiyyah perlu direspon secara positif oleh umat Islam yang rindu terhadap kesantunan dalam berdakwah. Partisipasi di dalam menyebarkan kajian dalil dari Ulama Nusantara yang merupakan bagian dari amar ma'ruf nahi munkar.

Kepada umat muslim yang sering kali mempertanyakan dalil dari praktik ibadah maupun muamalah saudara sesama muslim, maka bertanyalah secara langsung maupun tidak langsung (misalnya ; via media sosial) kepada Ulama Nusantara yang ada. Jangan kita menjadi pendek akal, bahkan merasa paling benar hingga berani kita menyalahkan saudara sesama muslim yang memang terkadang lebih fokus kepada amal ketimbang dalil.


Jika Antum mempertanyakan dalil maka temuilah Ulama-nya. Jangan kemudian mengambil jalan pintas ber-amar ma'ruf nahi munkar dengan membuat buat gaduh saudara sesama muslim.

Allahumma innaka Afuwwun Tuhibbul afwa fa 'fuannaa

Wallahu a'lam


Comments