Menjinakkan Kemarahan



Prof. Komaruddin Hidayat
    
Suatu hari mobil sedan yang kami naiki senggolan dengan truk tentara. Persisnya di Megamendung, Puncak, Bogor. Peristiwa  itu terjadi sekitar tahun 1980-an.  Saya duduk disamping Iwan Sastrowardoyo, ayahnya Dian Sastrowardoyo,  sebagai sopirnya. Terlihat dari spion, sopir truk turun menghampiri mobil kami dengan gayanya sebagai militer yang waktu itu merasa sebagai warga negara kelas satu di Indonesia.  Iwan bilang, Mas Komar, please, jangan turun. Cukup saya yang menghadapi. Mas Komar diam saja di mobil, pintanya serius.
     Tak lama kemudian Iwan kembali ke mobil, untuk meneruskan perjalanan kembali ke  Jakarta. Saya penasaran, apa  yang terjadi. Iwan pun bercerita. Sesungguhnya tak ada kerusakan yang serius, cuma mungkin mereka tersingung diklakson dan disalip. Tapi, kata Iwan, saya tak memberi kesempatan energi kemarahannya menyentuh diriku. Saya lindungi diriku dengan energi positif, dengan cinta, dengan kasih sayang, dan pesan damai. Dengan demikian, ketika dia akan mengeluarkan energi kemarahan yang diarahkan ke saya,  energi negatif itu tertangkal oleh energi positif yang membentengi diriku sehingga kesalnya akan kembali ke dirinya.
     Peristiwa puluhan tahun lalu itu muncul kembali ketika saya sering membaca medsos yang isinya sebagian penuh nada kesal dan caci maki terhadap mereka yang berbeda pilihan politiknya.  Bahkan  ada yang dengan menggunakan  dalil-dalil agama menurut selera penafsirannya. Saya teringat Iwan sebagai penganut Budha yang disiplin bermeditasi, rupanya sudah sangat terlatih bagaimana mengendalikan emosinya. Ajaran pengendalian diri untuk menjinakkan kemarahan sesungguhnya juga ditemukan dalam agama-agama lain. Termasuk dalam pelatihan mazhab  psikologi positif.
     Ketika seseorang marah, sebaiknya anda tidak perlu terpancing ikutan marah untuk membalasnya. Biarkan kemarahan itu kembali pada pemiliknya.Cukup didengarkan dan diambil isinya yang mungkin mengandung kebenaran. Berkaitan dengan seni menjinakkan kemarahan, ada sebuah simulasi, seorang ayah dan anak berjalan-jalan memasuki wilayah lereng gunung yang cukup luas, kanan kirinya dikelilingi tebing. Lalu anaknya disuruh teriak keras-keras. Sang anak heran dan bingung, suara teriakannya itu menggema dan memantul kembali. Lalu sang ayah menyuruh anaknya teriak dengan kata-kata yang baik dan positif. Ketika teriakan itu memantul kembali, sang ayah menjelaskan pada anaknya.  Demikianlah, anakku, katanya. Apa yang kita katakan, entah baik atau buruk, itu semua cerminan dari kualitas diri kita yang akhirnya akan kembali pada diri kita juga. Makanya pilihlah berbicara yang baik sehingga orang-orang di sekitarmu akan senang menerimanya, dan kamu pun tidak akan menyesal setelah mengucapkannya. Bahkan senang mendengarnya kembali.
     Ada sebuah kata yang bisa membantu agar kita tidak terseret pada situasi kemarahan yang diciptakan orang lain. Yaitu detachment. Secara psikologis kita mengambil jarak, tidak melekat dan lebur ke dalam sebuah obyek. Contoh paling gamblang adalah ketika mobil kita ketabrak, lalu penyok, seakan hati kita ikut penyok, sedih, menggerutu, mengumpat. Mengapa? Karena terjadi attachment, bukannya detachment. Kita menyatu dengan sosok mobil, sehingga apa yang menimpa mobil hati ikut merasakan. Ketika mobil penyok, hati ikut merasa penyok. Ketika mobilnya dipuji orang, hatinya ikut merasa dipuji. Di situ telah melebur antara subyek dan obyek.
     Sikap detachment tidak berarti tidak punya empati pada  orang lain. Tetapi seseorang mampu  mengatur dan mengendalikan gerak dan arus emosinya. Emosi tidak mengendalikan dirinya, tapi emosinya yang dia kendalikan. Ada sebuah cerita, dua orang mahasiswa jalan-jalan ke Pasar Senin untuk melihat-lihat dan membeli buku bekas. Mereka berpisah memilih toko buku yang berbeda. Satu jam kemudian mereka bertemu di tempat yang disepakati. Teman yang satu berhasil memilih dan membeli beberapa buku, temannya tidak menemukan sama sekali. Lalu ditanya, mengapa tidak membeli buku, pada hal kita ke sini niatnya untuk mencari buku?
     Dia jawab, saya sesungguhnya tertarik untuk memilih dan membeli buku di toko tadi. Tetapi saya enggan karena raut muka penjualnya cemberut, sikapnya acuh. Temannya yang berhasil memilih dan membeli buku balas menjawab. Dengarkan ya, katanya. Soal wajah penjual buku cemberut, itu urusan dia. Itu wajah dia.  Urusanmu ke sini adalah mencari buku, jangan sampai agendamu gagal karena persoalan orang lain. Mengapa wajahmu ikut cemberut gara-gara wajah orang cemberut? Berarti kamu kalah, gagal menjaga hatimu agar tidak mudah terseret arus gelombang emosi orang lain.

End

Allah subhana huwa ta'ala berfirman :
"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan" {QS. Al-Furqan (25) : 63}

Comments