Worldview / Pandangan Hidup

1. Menurut Thomas S Khun suatu pandangan hidup ditentukan oleh pemahaman individu terhadap enam hal ; Tuhan, Ilmu, Realitas, Diri, Etika dan Masyarakat.

2. Ninian Smart mengajukan enam elemen penting suatu pandangan hidup, yaitu: Doktrin, Mitologi, Etika, Ritus, Pengalaman dan Kemasyarakatan
.
3. Shaykh Atif al-Zayn mengajukan karakteristik yang membedakan antara pandangan hidup Islam dari pandangan hidup lain. Karakteristik itu hanya tiga: Ia berasal dari wahyu Allah, Berdasarkan konsep (din) yang tidak terpisah dari Negara dan Kesatuan antara spiritual dan material.

4. Menurut Prof. Naquib Al-Attas elemen asas bagi worldview Islam sangat banyak dan yang ia merupakan jalinan konsep-konsep yang tak terpisahkan. Diantara yang paling utama adalah ; Konsep tentang hakekat Tuhan, Konsep tentang Wahyu (al-Qur’an), Konsep tentang penciptaan, Konsep tentang hakekat kejiwaan manusia, Konsep tentang ilmu, Konsep tentang agama, Konsep tentang kebebasan, Konsep tentang nilai dan kebajikan, Konsep tentang kebahagiaan.

Comments