Review and Analysis of Current Shariah – Compliant Equity Screening Practice (Summary)

Aslm.
Penelitian berjudul Review and Analysis of Current Shariah – Compliant Equity Screening Practice [1] yang dibuat pada tahun 2008 oleh Ulrich Derigs & Shehab Marzban. Mereka adalah anggota dari Information Systems & Operations Research Department University of Cologne dari Gulf University for Sciance & Technology, Jerman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dampak penerapan proses shariah-screening untuk menghasilkan aset yang halal pada pasar modal.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil sampel beberapa portofolio di pasar modal. Adapun, model analisa data yang digunakan oleh kedua peneliti adalah deskriptif komparatif analisis.

Berdasarkan hasil analisa Ulrich Derigs & Shehab Marzban, diketahui bahwa ; dalam industri keuangan syariah gobal terdapat perbedaan yang signifikan atas penentuan hal tidaknya suatu asset. Misalnya, asset dalam jumlah besar yang ditetapkan haram justru diklasifikasikan sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa, secara umum tidak ada keseragaman pemahaman tentang mekanisme untuk mengubah aturan deskriptif Syariah menjadi sistem panduan investasi aplikatif. (dijadikan shariah screening atas asset). Lembaga Islam dan Cendikiawan Syariah harus membuat pedoman umum dan standar norma shariah screening berdasarkan sistem manajemen yang berbasis-komputer untuk portofolio-portofolio syariah yang dapat dikembangkan.

[1] Ulrich Derigs & Shehab Marzban. 2008. Review and Analysis of Current Shariah – Compliant Equity Screening Practice. International Journal of  Social Economics Vol. 29 No 1 / 2 , Emerald Group Publishing Limited


waslm

Comments