TAFSIR QUR'AN DI MEDSOS

Imam Syafi'i Update Status : 
"Jika hendak ngetwit, pikir dulu sebelum di-posting"
اذا اراد احدكم الكلام فعليه ان يفكر فى كلامه 
"...jika twitmu adalah maslahat, ngetwitlah..."
فان ظهرت المصلحة تكلم
 "... tetapi kalau masih ragu, jangan ngetwit dulu hingga jelas maslahatnya"
و إن شك لم يتكلم حتى تظهر

     Terjemahan bebas dalam konteks Medsos-Twitter. Bisa juga dalam konteks FB, IG, WA, dan lainnya yang penting bisa update statuslah pokoknya eksis. Tafsir Al-Qur'an di Medsos, Bab Menebar Benih Damai Bersama Al-Qur'an, Sub Anda Pernah  Mem-bully Orang Lain
     Buku menarik dibaca, tulisannya menggunakan narasi yang mudah dimengerti dan kaya dalil (Naqli-Aqli) pula. Lebih kurang 57 bahasan dalam 5 bab. Cuma 1 bahasan Saya tidak sependapat dengan beliau Tentang Tafsir "Awliya". Melihat konteks Indonesia saat ini, saya sudah punya frame tersendiri.
     Selebihnya saya masuk dalam Jiwanya Penulis sambil 'terperanga' ngitungin berapa belas kitab tafsir versi "Arab yang gundul itu" yang dibaca Gus Nadir untuk membuat buku bacaan ringan ini. Apalagi saat membaca bahasan tafsir Alfatihah yang dikaitkan diskursus "tidak akurnya" Syariat dan Tasawuf. Wooowww.
     Lelah menghitung ternyata pada Bab 5 ada kumpulan twit Gus Nadir seputar kesan membaca 14 kitab tafsir belum termasuk Tafsir Al-Misbah karya Prof Quraish.
     Ma syaa allah... Mabruuk..... Walaupun lumayan telat....Semoga Saya ketularan cita2 Beliau yang ingin menjadi Khadimul 'Ilm dan/atau (Khadimul Fiqh sebagaimana cita2 Abah Beliau, Prof KH. Ibrahim Hosen rahimahullah).

==Sekian== 
Mari membaca untuk mengenal Dunia.

Comments