Ikut Asuransi Syariah Kok Anti Tawakal ? Situ Sehat !

by
Irham Fachreza Anas
member of Sharia Business Intelligence 

Solmed : Sob, kemarin gw liat di lemari buku loe ada polis Asuransi Syariah? "Solmed terlihat tidak senang"

Sohib : Iya Med, Gw ikut Asuransi Syariah buat planning Pendidikan Anak. Sekarang udah selesai kontraknya. Kenapa masalah buat loe?

Solmed : Haduh......Sooob, Iman loe ketaker Sob.

Sohib : Laaah.... apa hubungannya polis syariah gw ama takaran iman gw ? Loe sehat Med ? 

Solmed : Ketakutan loe terhadap masa depan pendidikan anak loe, menandakan loe kurang tawakal kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Loe harus yakin bahwa Allah subhanahu wa ta'ala yang akan menjaga masa depan anak loe.

Sohib : Med sumpah deh,,, gw ga paham omongan loe? Gw pakai Asuransi Syariah sebagai ikhtiar gw untuk masa depan anak Gw. Lo ga bisa bedain mana Takdir, Ikhtiar dan Tawakal. Waduuuh Loe salah ngaji Med.

Gw ikut Asuransi Syariah kok loe tuduh gw Anti Tawakal kepada Allah subhanahu wa ta'ala . Kayaknya Loe belum baca Nash ini Med :

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman : Qs. Yusuf (12) 47-49 :
Artinya: “Yusuf berkata, supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa. Maka, apa yang kamu tuai, hendaklah kamu biarkan di bulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan. Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan. Kemudian, akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di masa itu mereka memeras anggur.”

Hadits riwayat Ibnu Hibban radhiallahu 'anhu :
Seseorang bertanya kepada Rasulullah terkait untanya, apakahsaya (boleh) membiarkan (tidak mengikat) unta saya kemudian bertawakkal (kepada Allah) Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ikatlah untanya dan bertawakallah (kepada Allah)"

--Sekian--

Comments