RINGKASAN : MAZHAB SOSIALISME (Sebelum Sosialis Karl Max)

Aslm

SOSIALISME UTOPIS

Istilah utopis muncul sebagai nama adari aliran sosialis ini, disebabkan karena buku yang ditulis oleh Sir Thomas More yang berjudul UTOPIA  ( 1516 ). Konsep komunitas ideal dalam alairan ini hanya sebatas khayalan para tokoh-tokohnya saja.
  1. Tokoh pemikir dalam aliran ini adalah Sir Thomas More ( 1478-1535 ), Tomasso Campanella ( 1568-1639 ), Francis Bacon   ( 1560-1626 ) James Harington dan Saint Simon.
  2.  Utopia, ( 1516 )City of the Sun, New Atlantis ( 1629 )
  3. Sir Thomas More ( lewat bukunya Utopia, ( 1516 ) ) mengembangkan teori hidup sederhana, yaitu bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kemudian, ia juga menyatakan bahwa dalam sebuah sistem pemerintahan yang demokratis, harus ditanamkan kepada masyarakat sifat toleransi.
  4. Francis Bacon menyatakan ( lewat bukunya New Atlantis ( 1629 )) bahwa sistem produksi dalam suatu organisasi sangat penting artinya. Maka dari itu agar sistem ini dapat memberikan kesejahteraan perlu suatu lembaga yang mempu melakukan pengawasan.

SOSIALISME KOMUNITAS BERSAMA
  1. Tokoh pemikir dalam aliran ini adalah Robert Owen ( 1771-1858 ), Charles Fourier ( 1772-1837 ), dan Louis Blanc ( 1811-1882 )
  2. Agar dapat mewujudkan komunitas yang ideal dari pemikir utopis Owen membangun sebuah pabrik sebagai model untuk perbaikan kesejahteraan para pekerja yang disebutParallelogram  dan memeberikan percontohan desa komunal yang berasas koperasi di harmony, Indiana. Dalam Parallelogram, upah  para pekerja dalam pabrik ini relatif tinggi dengan jam keja yang lebih rendah. Para pekerja juga diberikan fasilitas-fasilitas guna menunjang kesejahteraan mereka. Misalnya, pemeliharaan kesehatan, kedai-kedai minum dan rumah yang layak.. Ide sosialis owen dapat dilihat dibukunya The New View of Society ( 1816 )
  3. Charles Fourier adalah seorang pengikut ajaran Saint Simon, ia kemudian membangaunPhalanges  atau Phalanx yaitu sebuah kawasan tinggal bersama. Ide ini dapat dilihat lewat bukunya, yaitu Theory of Four Movement ( 1808 ). Dalam kawasan ini orang harus bekerja dengan keahliannya masing-masing. Adapaun pembagian hasil keuntungan akan dibagi berdasarkan bagian yang ia buat yaitu 5/12 untuk pekerja, 4/12 untuk manajer dan 3/12 untuk pemilik modal.
  4. Louis Blanc , ia mendirikan koperasi produksi dengan adanya kepemilikan saham oleh buruh.

Waslm

Comments