MUHAMMAD ABDUL MANAN



Muhammad Abdul Mannan (selanjutnya dibaca : Mannan) dilahirkan di Bangladesh, pada tahun 1918. Mannan menikah dengan seorang wanita bernama Nargis Mannan yang bergelar master di bidang ilmu politik. Ia merupakan seorang tokoh ekonomi Islam yang menjadi menganjurkan pembentukan Bank Dunia Islam Muslim World Bank, lima tahun sebelum pembentukan sesungguhnya dari Islamic Development Bank (IDB) pada tahun 1975 di Jeddah, Arab Saudi.
Mannan menerima gelar master di bidang ekonomi dari universitas Rajshahi pada tahun 1960. Setelah menerima gelar master di bidang ekonomi, ia bekerja di berbagai kantor ekonomi pemerintah di Pakistan, di antaranya; asisten pimpinan di the Federal Planning Commission of Pakistan pada tahun 1960-an.  Pada tahun 1970, Mannan  melanjutkan studinya di Michigan State University, Amerika Serikat, untuk program MA (economics) dan ia menetap di sana. Setelah mendapatkan gelar MA (economics) pada tahun 1973, Mannan mengambil program doktor di bidang industri dan keuangan pada universitas yang sama.

Setelah menyelesaikan program doktor-nya, Mannan menjadi dosen senior dan aktif mengajar diPapua New Guinea University of Tehcnology. Di sana ia juga ditunjuk sebagai  pembantu dekan. Pada tahun 1978, ia ditunjuk sebagai profesor di Internasional Centre for Research in Islamic Economics, universitas King Abdul Azis. di Jeddah. Selama periode tersebut, Mannan juga aktif sebagai visiting professor pada Moeslim  Institute di London dan Georgetown University di Amerika Serikat. Melalui pengalaman akademiknya yang panjang, Mannan memutuskan bergabung dengan Islamic Development Bank dan sejak 1984 ia menjadi ahli ekonomi (Islam) senior di IDB.
Selama 30 tahun kariernya, Mannan banyak berperan dalam sejumlah besar organisasi pendidikan dan ekonomi. Pada tahun 1970 di Pakistan, ia menerbitkan bukunya yang pertama yang berjudulIslamic Economics : Theoiry and Practice.     Buku direvisi kedalam bahasa Inggris pada tahun 1986 dan telah diterbitkan sebanyak 15 kali serta telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa tak terkecuali indonesia. Atas sumbangsih terhadap perkembangan studi ekonomi Islam dari bukunya(baca: Islamic Economics: Theory…) ini, Mannan mendapat penghargaan pemerintah Pakistan sebagai Highest Academic Award of Pakistan pada tahun 1974, yang baginya setara dengan hadiah pulitzer. Adapun hasil karya Mannan yang lain adalah : An Introduction to Applied Economy (Dhaka:1963), Economic Problem and Planning in Pakistan (Lahore:1968), The Making of Islamic Economic Society : Islamic Dimensions in Economic Analysis (Kairo:1984) dan The Frontier of Islamic Economics (India : 1984), Economic Development and Sosial Peace in Islam  (UK: 1989), Management of Zakah in Modern Society (IDB: 1989), Developing a System of Islamic Financial Instruments (IDB: 1990), Understanding Islamic Finance : A Study of Security Market in an Islamic Framework  (IDB: 1993), International Economic Relation from Islamic Perspectives(IDB:1992),Structural Adjustments and Islamic Voluntary sector with  special reference to Bangladesh (IDB: 1995), The Impact of Single European Market on OIC Member Countries, (IDB: 1996), Financing Development in Islam ( IDB: 1996) serta beberapa artikel dan paper lainnya yang


Comments